Kekuatan Pikiran

By Labels: at
Pikiran adalah bagian tubuh paling fleksibel dari seorang manusia.
Jari tangan kanan kita mungkin akan selalu lima, mata kita selalu dua, hidung kita selalu satu, tinggi badan akan berhenti tumbuh, dan wajah kita pun akan begini-begini saja, sama seperti sekarang. Semua itu cenderung permanen. Tidak bisa diubah-ubah lagi. Memang sudah ketetapannya begitu.
Namun pikiran kita berbeda. Meski tidak kasat mata, ia adalah bagian tubuh yang paling dinamis, paling bisa kita atur sesukanya, dan punya sejuta cara untuk terus berubah dan berkembang. Tidak ada batasan di sana.
Maka itu, bila ada musibah menimpa, kesedihan melanda, kekecewaan menerpa, kenyataan tidak sesuai ekspektasi, dan keburukan-keburukan lainnya, pastikan kamu mengubah cara berpikirmu lebih dahulu. Prioritaskan ia. Sebagaimana firman Allah SWT:
“Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri” - Ar Ra'd ayat 11
Mengubah keadaan meliputi mengubah pikiran kita lebih dahulu. Berikanlah ia sugesti-sugesti positif. Entah dengan membaca buku, menyibukkan diri, atau melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya. Dengan demikian, niscaya perubahan keadaan ke arah yang lebih baik akan mengikuti dengan sendirinya.
Posting Komentar

Back to Top